MENU UTAMA

MODUL - X

SCRATCH

Kodular

Scratch 6

🚀 Pertemuan 6 – Membuat Level & Tantangan di Scratch

🎯 Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat membuat sistem level pada game di Scratch.
  • Siswa memahami cara meningkatkan tingkat kesulitan secara bertahap.
  • Siswa mampu mengatur perubahan kecepatan, jumlah objek, dan tampilan latar sesuai level.

📌 Konsep Level

Level digunakan untuk memberikan rasa pencapaian pada pemain. Saat skor bertambah, permainan menjadi lebih menantang.

🛠 Membuat Variabel Level

  1. Buka tab Variables.
  2. Klik Make a Variable → beri nama level.
  3. Atur di awal permainan:
    • set level to 1

⚡ Meningkatkan Level Otomatis

  1. Gunakan kondisi untuk naik level:
    • if score > 5 then set level to 2
    • if score > 10 then set level to 3
  2. Sesuaikan kesulitan berdasarkan level:
    • if level = 2 then change bola speed to -7
    • if level = 3 then change bola speed to -9

🌆 Mengubah Latar Sesuai Level

  1. Tambahkan beberapa backdrop untuk tiap level.
  2. Gunakan:
    • if level = 2 then switch backdrop to [Level 2]
    • if level = 3 then switch backdrop to [Level 3]

🎯 Menambah Tantangan

  • Tambah bola lebih banyak di level tinggi.
  • Kurangi waktu bermain per level.
  • Gunakan sprite penghalang bergerak.

🖼 Contoh Tampilan

Level dan Tantangan Scratch

💡 Tips Kreatif

  • Gunakan efek suara “level up” saat naik level.
  • Ganti warna latar untuk memberi nuansa berbeda.
  • Buat musuh atau rintangan baru di setiap level.

✏ Tugas Mandiri

  1. Modifikasi game “Tangkap Bola” menjadi minimal 3 level.
  2. Setiap level harus memiliki perbedaan kecepatan, latar, atau jumlah bola.
  3. Tambahkan suara “Level Up” saat berpindah level.

📥 Prosedur Pengumpulan:
Kumpulkan link hasil proyek Scratch kalian di kolom komentar blog ini dengan format:
KELAS-NAMA-ABSEN-JOB6

No comments:

Post a Comment