Scratch 6

๐Ÿš€ Pertemuan 6 – Membuat Level & Tantangan di Scratch

๐ŸŽฏ Tujuan Pembelajaran

  • Siswa dapat membuat sistem level pada game di Scratch.
  • Siswa memahami cara meningkatkan tingkat kesulitan secara bertahap.
  • Siswa mampu mengatur perubahan kecepatan, jumlah objek, dan tampilan latar sesuai level.

๐Ÿ“Œ Konsep Level

Level digunakan untuk memberikan rasa pencapaian pada pemain. Saat skor bertambah, permainan menjadi lebih menantang.

๐Ÿ›  Membuat Variabel Level

  1. Buka tab Variables.
  2. Klik Make a Variable → beri nama level.
  3. Atur di awal permainan:
    • set level to 1

⚡ Meningkatkan Level Otomatis

  1. Gunakan kondisi untuk naik level:
    • if score > 5 then set level to 2
    • if score > 10 then set level to 3
  2. Sesuaikan kesulitan berdasarkan level:
    • if level = 2 then change bola speed to -7
    • if level = 3 then change bola speed to -9

๐ŸŒ† Mengubah Latar Sesuai Level

  1. Tambahkan beberapa backdrop untuk tiap level.
  2. Gunakan:
    • if level = 2 then switch backdrop to [Level 2]
    • if level = 3 then switch backdrop to [Level 3]

๐ŸŽฏ Menambah Tantangan

  • Tambah bola lebih banyak di level tinggi.
  • Kurangi waktu bermain per level.
  • Gunakan sprite penghalang bergerak.

๐Ÿ–ผ Contoh Tampilan

Level dan Tantangan Scratch

๐Ÿ’ก Tips Kreatif

  • Gunakan efek suara “level up” saat naik level.
  • Ganti warna latar untuk memberi nuansa berbeda.
  • Buat musuh atau rintangan baru di setiap level.

✏ Tugas Mandiri

  1. Modifikasi game “Tangkap Bola” menjadi minimal 3 level.
  2. Setiap level harus memiliki perbedaan kecepatan, latar, atau jumlah bola.
  3. Tambahkan suara “Level Up” saat berpindah level.

๐Ÿ“ฅ Prosedur Pengumpulan:
Kumpulkan link hasil proyek Scratch kalian di kolom komentar blog ini dengan format:
KELAS-NAMA-ABSEN-JOB6

No comments:

Post a Comment