๐ Pertemuan 4 – Menggunakan Variabel & Skor di Scratch
๐ฏ Tujuan Pembelajaran
- Memahami konsep variabel dalam Scratch.
- Membuat dan mengatur variabel untuk menghitung skor, nyawa, dan waktu.
- Menerapkan variabel dalam proyek game.
๐ Apa itu Variabel?
Variabel adalah tempat penyimpanan data yang dapat berubah selama program berjalan. Dalam Scratch, variabel bisa digunakan untuk menyimpan:
- Jumlah skor pemain.
- Sisa nyawa.
- Waktu yang tersisa.
๐ Membuat Variabel di Scratch
- Pilih tab Variables (warna oranye).
- Klik Make a Variable.
- Beri nama variabel, misalnya score atau lives.
- Pilih For all sprites agar variabel bisa digunakan semua sprite.
๐งฉ Menambahkan Skor
- Pastikan sudah ada variabel score.
- Di script sprite yang menangkap objek:
- Events:
when green flag clicked
- Variables:
set score to 0
- Setiap kali objek tertangkap:
- Variables:
change score by 1
- Variables:
- Events:
❤️ Menambahkan Nyawa
- Buat variabel baru lives.
- Atur di awal permainan:
set lives to 3
- Kurangi nyawa jika pemain gagal menangkap objek:
change lives by -1
- Jika nyawa habis:
if lives = 0 then stop all
⏳ Menambahkan Timer
- Buat variabel time.
- Set di awal permainan:
set time to 30
- Buat blok:
forever
wait 1 seconds
change time by -1
if time = 0 then stop all
๐ก Tips Penggunaan Variabel
๐ก Tips:
- Gunakan variabel score dan lives untuk memberi tantangan lebih menarik.
- Tampilkan variabel di stage agar pemain mudah memantau skor dan nyawa.
- Timer dapat membuat permainan lebih menegangkan.
- Kombinasikan suara atau animasi saat skor bertambah atau nyawa berkurang.
- Gunakan variabel score dan lives untuk memberi tantangan lebih menarik.
- Tampilkan variabel di stage agar pemain mudah memantau skor dan nyawa.
- Timer dapat membuat permainan lebih menegangkan.
- Kombinasikan suara atau animasi saat skor bertambah atau nyawa berkurang.
๐ผ Contoh Tampilan

✏ Tugas Mandiri & Tips Pengumpulan
- Modifikasi game “Tangkap Bola” agar memiliki nyawa dan timer.
- Tambahkan efek suara ketika nyawa berkurang atau bola tertangkap.
- Jika waktu habis, tampilkan pesan “Game Over”.
- Kumpulkan proyek melalui link Scratch di kolom komentar dengan format:
KELAS-NAMA-ABSEN-JOB KE
No comments:
Post a Comment