Scratch 3

๐ŸŽฎ Pertemuan 3 – Membuat Game Sederhana di Scratch

๐ŸŽฏ Tujuan Pembelajaran

  • Menggabungkan berbagai blok perintah menjadi proyek game sederhana.
  • Memahami konsep logika dasar pemrograman dalam bentuk permainan.
  • Memodifikasi game sesuai kreativitas masing-masing.

๐Ÿ“Œ Konsep Game: "Tangkap Bola"

Pemain menggerakkan karakter untuk menangkap bola yang jatuh dari atas. Jika bola tertangkap, skor bertambah.

๐Ÿ›  Persiapan

  1. Buka Scratch dan klik Create.
  2. Hapus sprite kucing default jika ingin mengganti karakter.
  3. Tambahkan:
    • Sprite Keranjang atau Pemain (bisa digambar sendiri)
    • Sprite Bola dari galeri atau gambar sendiri

๐Ÿงฉ Pemrograman Sprite Pemain

  1. Pilih sprite Pemain.
  2. Susun blok berikut:
    • Events: when green flag clicked
    • Control: forever
    • Motion: go to x: (0) y: (-150)
    • Motion: set x to (mouse x) agar pemain mengikuti gerakan mouse

๐Ÿงฉ Pemrograman Sprite Bola

  1. Pilih sprite Bola.
  2. Susun blok berikut:
    • Events: when green flag clicked
    • Control: forever
    • Motion: go to x: (pick random -200 to 200) y: (180)
    • Motion: change y by -5 agar bola jatuh
    • Control: if touching (Pemain) then
      • Variables: change score by 1
      • Motion: go to x: (pick random -200 to 200) y: (180)
    • Control: if y < -180 thengo to x: (pick random -200 to 200) y: (180)

๐Ÿ’ก Tips Modifikasi

๐Ÿ’ก Tips:
- Ubah kecepatan bola untuk tingkat kesulitan berbeda.
- Tambahkan variabel time untuk hitung mundur.
- Ganti bola dengan objek lain sesuai tema game.
- Tambahkan efek suara atau animasi untuk game lebih menarik.

๐Ÿ–ผ Contoh Tampilan Game

Contoh Game Scratch

✏ Tugas Mandiri & Tips Pengumpulan

  1. Ubah latar belakang sesuai tema game.
  2. Tambahkan efek suara saat bola tertangkap.
  3. Ubah jumlah bola menjadi lebih dari satu.
  4. Kumpulkan proyek melalui link Scratch di kolom komentar dengan format:
    KELAS-NAMA-ABSEN-JOB KE

No comments:

Post a Comment