๐Ÿง  Modul 1

๐Ÿ“˜ Modul 1: Koding dan Kecerdasan Artifisial

Bagian 1: Deskripsi Umum & Pengantar Mapel

A.1. Capaian Pelatihan

Peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkan dalam pembelajaran, serta menyusun pembelajaran yang mendukung dimensi profil pelajar.

A.2. Tujuan Pelatihan

  1. Memahami konsep dasar koding dan KA.
  2. Menerapkannya dalam pembelajaran.
  3. Menyusun pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila.
  4. Mengembangkan nilai-nilai etik dalam koding dan KA.

A.3. Indikator Capaian

  • Menjelaskan ruang lingkup dan dampak koding dan KA.
  • Menjelaskan prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan KA.
  • Merancang penerapan konsep tersebut di sekolah.
  • Menentukan elemen profil pelajar dalam setiap tujuan pembelajaran.
  • Merefleksikan peluang dan tantangan implementasi mapel KKA.

A.4. Pokok Bahasan

  1. Pengantar Mapel Koding dan KA
  2. Konsep Keilmuan Koding dan KA
  3. Implementasi Pembelajaran Koding dan KA di Sekolah

A.5. Alur Pelatihan

Materi Aktivitas Tagihan Moda JP
Pengantar Mapel KKA, Konsep Keilmuan, dan Implementasi
  • Menjelaskan ruang lingkup, rasional, tujuan, karakteristik
  • Menyusun peta konsep
  • Menjelaskan implementasi KKA
LK 1: Ringkasan Modul 1 Luring & Tugas 2 JP
Mengaplikasi KKA Membuat tujuan pembelajaran & profil lulusan - Luring -
Merefleksi KKA Diskusi kelompok - Luring -

Bagian 2: Rasional, Tujuan, Karakteristik, dan Elemen

B.1. Rasional

Mapel Koding dan KA dirancang untuk menjawab tantangan abad ke-21 dengan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan solutif. KKA mendorong peserta didik menjadi warga digital yang produktif dan etis.

B.2. Tujuan

  1. Berpikir komputasional dalam menyelesaikan masalah.
  2. Menjadi warga digital yang bijak dan produktif.
  3. Mengelola dan memanfaatkan data secara bertanggung jawab.
  4. Berkarya melalui koding dan teknologi KA.

B.3. Karakteristik

  • Berbasis etika: Tanggung jawab sosial.
  • Human-centered: Berpihak pada kebutuhan manusia.
  • Kontekstual: Sesuai budaya sekitar.
  • Fleksibel: Bisa unplugged/plugged.

B.4. Elemen

ElemenDeskripsi
Berpikir KomputasionalPemodelan dan simulasi data.
Literasi DigitalPenggunaan perangkat digital secara aman.
Etika KAPenggunaan KA bertanggung jawab.
Pemanfaatan KASolusi berbasis sistem cerdas.
Algoritma & PemrogramanInstruksi logis dengan bahasa pemrograman.
Analisis DataVisualisasi & kesimpulan dari data.

Bagian 3: Konsep Keilmuan

C.1. Koding

  • Decomposition: Memecah masalah.
  • Pattern Recognition: Mengenali pola.
  • Abstraction: Menyaring informasi penting.
  • Algorithm Design: Menyusun langkah-langkah solusi.

C.2. Kecerdasan Artifisial

  1. Machine Learning: Belajar dari data.
  2. Computer Vision: Memahami visual.
  3. NLP: Bahasa manusia.
  4. Robotics: Kendali perangkat cerdas.

Bagian 4: Implementasi & Penutup

D. Implementasi

  1. Perencanaan: Menyusun tujuan & asesmen.
  2. Pelaksanaan: Aktivitas koding & etika digital.
  3. Refleksi: Umpan balik & penilaian diri.

D.3. Contoh Aktivitas

  • Animasi dengan Scratch
  • Latihan AI berbasis data gambar
  • Analisis data dengan spreadsheet

E. Penutup

Pembelajaran Koding & KA adalah bekal penting era digital: menggabungkan keterampilan teknis + etika.

Referensi

  1. RPJPN 2025–2045
  2. Permendikbudristek Kurikulum
  3. Modul Koding & KA

No comments:

Post a Comment