๐ Modul 1: Koding dan Kecerdasan Artifisial
Bagian 1: Deskripsi Umum & Pengantar Mapel
A.1. Capaian Pelatihan
Peserta mampu mendefinisikan konsep dasar koding dan KA, menerapkan dalam pembelajaran, serta menyusun pembelajaran yang mendukung dimensi profil pelajar.
A.2. Tujuan Pelatihan
- Memahami konsep dasar koding dan KA.
- Menerapkannya dalam pembelajaran.
- Menyusun pembelajaran berbasis profil pelajar Pancasila.
- Mengembangkan nilai-nilai etik dalam koding dan KA.
A.3. Indikator Capaian
- Menjelaskan ruang lingkup dan dampak koding dan KA.
- Menjelaskan prinsip berpikir komputasional, literasi digital, dan KA.
- Merancang penerapan konsep tersebut di sekolah.
- Menentukan elemen profil pelajar dalam setiap tujuan pembelajaran.
- Merefleksikan peluang dan tantangan implementasi mapel KKA.
A.4. Pokok Bahasan
- Pengantar Mapel Koding dan KA
- Konsep Keilmuan Koding dan KA
- Implementasi Pembelajaran Koding dan KA di Sekolah
A.5. Alur Pelatihan
Materi | Aktivitas | Tagihan | Moda | JP |
---|---|---|---|---|
Pengantar Mapel KKA, Konsep Keilmuan, dan Implementasi |
|
LK 1: Ringkasan Modul 1 | Luring & Tugas | 2 JP |
Mengaplikasi KKA | Membuat tujuan pembelajaran & profil lulusan | - | Luring | - |
Merefleksi KKA | Diskusi kelompok | - | Luring | - |
Bagian 2: Rasional, Tujuan, Karakteristik, dan Elemen
B.1. Rasional
Mapel Koding dan KA dirancang untuk menjawab tantangan abad ke-21 dengan menumbuhkan kemampuan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan solutif. KKA mendorong peserta didik menjadi warga digital yang produktif dan etis.
B.2. Tujuan
- Berpikir komputasional dalam menyelesaikan masalah.
- Menjadi warga digital yang bijak dan produktif.
- Mengelola dan memanfaatkan data secara bertanggung jawab.
- Berkarya melalui koding dan teknologi KA.
B.3. Karakteristik
- Berbasis etika: Tanggung jawab sosial.
- Human-centered: Berpihak pada kebutuhan manusia.
- Kontekstual: Sesuai budaya sekitar.
- Fleksibel: Bisa unplugged/plugged.
B.4. Elemen
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Berpikir Komputasional | Pemodelan dan simulasi data. |
Literasi Digital | Penggunaan perangkat digital secara aman. |
Etika KA | Penggunaan KA bertanggung jawab. |
Pemanfaatan KA | Solusi berbasis sistem cerdas. |
Algoritma & Pemrograman | Instruksi logis dengan bahasa pemrograman. |
Analisis Data | Visualisasi & kesimpulan dari data. |
Bagian 3: Konsep Keilmuan
C.1. Koding
- Decomposition: Memecah masalah.
- Pattern Recognition: Mengenali pola.
- Abstraction: Menyaring informasi penting.
- Algorithm Design: Menyusun langkah-langkah solusi.
C.2. Kecerdasan Artifisial
- Machine Learning: Belajar dari data.
- Computer Vision: Memahami visual.
- NLP: Bahasa manusia.
- Robotics: Kendali perangkat cerdas.
Bagian 4: Implementasi & Penutup
D. Implementasi
- Perencanaan: Menyusun tujuan & asesmen.
- Pelaksanaan: Aktivitas koding & etika digital.
- Refleksi: Umpan balik & penilaian diri.
D.3. Contoh Aktivitas
- Animasi dengan Scratch
- Latihan AI berbasis data gambar
- Analisis data dengan spreadsheet
E. Penutup
Pembelajaran Koding & KA adalah bekal penting era digital: menggabungkan keterampilan teknis + etika.
Referensi
- RPJPN 2025–2045
- Permendikbudristek Kurikulum
- Modul Koding & KA
No comments:
Post a Comment