๐ Modul 2: Pengoperasian, Pengaplikasian, dan Kolaborasi Perangkat Kecerdasan Artifisial
Bagian 1: Deskripsi Umum & Pengantar
A.1. Capaian Pembelajaran
Peserta didik mampu mengoperasikan, mengaplikasikan, dan berkolaborasi menggunakan perangkat berbasis kecerdasan artifisial secara efektif dan etis.
A.2. Tujuan Modul
- Memahami fungsi dan penggunaan perangkat berbasis KA.
- Mengaplikasikan perangkat KA pada berbagai bidang.
- Berlatih kolaborasi digital dengan memanfaatkan teknologi KA.
A.3. Indikator Capaian
- Mengoperasikan perangkat berbasis KA sesuai prosedur.
- Menerapkan KA untuk menyelesaikan tugas nyata.
- Berkomunikasi dan berkolaborasi melalui media digital berbasis KA.
- Merefleksikan kelebihan, keterbatasan, dan etika pemanfaatan KA.
๐ Catatan: Modul ini fokus pada keterampilan praktis siswa dalam menggunakan perangkat KA, baik secara individu maupun kolaboratif.
A.4. Pokok Bahasan
- Pengoperasian perangkat KA
- Pengaplikasian perangkat KA
- Kolaborasi berbasis KA
A.5. Alur Pembelajaran
Materi | Aktivitas | Tagihan | Moda | JP |
---|---|---|---|---|
Pengoperasian perangkat KA |
|
LK 2.1: Laporan hasil praktik | Luring & Daring | 2 JP |
Pengaplikasian perangkat KA | Membuat produk/aplikasi kecil menggunakan perangkat KA | LK 2.2: Produk aplikasi sederhana | Luring & Tugas Mandiri | 2 JP |
Kolaborasi berbasis KA | Proyek kelompok menggunakan platform kolaborasi digital | LK 2.3: Presentasi proyek kelompok | Daring & Luring | 2 JP |
Bagian 2: Rasional, Tujuan, Karakteristik, dan Elemen
B.1. Rasional
Perkembangan teknologi berbasis kecerdasan artifisial telah menghadirkan banyak perangkat untuk memudahkan aktivitas manusia. Modul ini membantu peserta didik memahami, mengoperasikan, dan mengaplikasikan perangkat tersebut agar mampu beradaptasi dengan perubahan digital.
B.2. Tujuan Pembelajaran
- Melatih keterampilan operasional perangkat KA.
- Mengembangkan pemanfaatan perangkat KA dalam konteks nyata.
- Memupuk kerja sama berbasis teknologi digital.
B.3. Karakteristik
- Praktis: Berbasis praktik langsung menggunakan perangkat.
- Kolaboratif: Fokus pada kerja tim dan komunikasi digital.
- Etis: Menekankan penggunaan KA secara bertanggung jawab.
B.4. Elemen Mata Pelajaran
Elemen | Deskripsi |
---|---|
Pengoperasian KA | Kemampuan teknis menjalankan perangkat KA. |
Pengaplikasian KA | Penerapan KA untuk tugas/produk nyata. |
Kolaborasi Digital | Kerja sama tim dengan dukungan perangkat KA. |
Bagian 3: Implementasi & Penutup
C.1. Implementasi di Sekolah
- Latihan Individu: Operasi perangkat KA sederhana.
- Proyek Kelompok: Membuat aplikasi atau simulasi kolaborasi.
- Refleksi: Diskusi etika pemanfaatan KA.
C.2. Contoh Aktivitas
- Menggunakan chatbot AI untuk pembelajaran.
- Membuat presentasi dengan bantuan AI.
- Kolaborasi menulis bersama AI di platform daring.
C.3. Penutup
Modul 2 menekankan praktik nyata, aplikasi, dan kolaborasi berbasis kecerdasan artifisial. Dengan memahami dan menerapkan keterampilan ini, peserta didik mampu menghadapi transformasi digital dengan sikap kritis, kreatif, dan etis.
Referensi
- Modul Koding & KA - Kemendikbudristek
- RPJPN 2025–2045
— Selesai —
No comments:
Post a Comment