Scratch 7

๐Ÿ… Pertemuan 7 – Menyimpan Skor Tertinggi & Papan Peringkat di Scratch

๐ŸŽฏ Tujuan Pembelajaran

  • Siswa memahami konsep skor tertinggi (high score).
  • Siswa dapat membuat variabel untuk menyimpan skor terbaik.
  • Siswa mampu menampilkan papan peringkat sederhana di game.

๐Ÿ“Œ Apa itu Skor Tertinggi?

Skor tertinggi adalah nilai terbaik yang pernah dicapai selama permainan berlangsung. Fitur ini memotivasi pemain untuk terus bermain dan meningkatkan kemampuannya.

๐Ÿ›  Membuat Variabel Skor Tertinggi

  1. Buka tab Variables.
  2. Klik Make a Variable → beri nama high score.
  3. Pilih “For all sprites”.

⚡ Menyimpan Skor Tertinggi

Tambahkan kode berikut di akhir permainan:

if <score > high score> then
   set [high score v] to (score)
end
    

Pastikan variabel high score ditampilkan di layar.

๐Ÿ“Š Membuat Papan Peringkat Sederhana

Scratch tidak bisa menyimpan data permanen tanpa cloud variables, jadi kita bisa buat leaderboard lokal:

if <score > Top1> then
   set [Top3 v] to (Top2)
   set [Top2 v] to (Top1)
   set [Top1 v] to (score)
else
if <score > Top2> then
   set [Top3 v] to (Top2)
   set [Top2 v] to (score)
else
if <score > Top3> then
   set [Top3 v] to (score)
end
    

☁ Cloud Variables (Online)

  • Buka proyek di Scratch Online.
  • Buat variabel baru → centang Cloud variable (stored on server).
  • Variabel ini akan menyimpan skor secara online untuk semua pemain.
Cloud Variable Scratch

๐Ÿ’ก Tips Kreatif

  • Gunakan efek suara saat pemain memecahkan rekor.
  • Tambahkan pesan “Rekor Baru!” di layar.
  • Gunakan warna mencolok agar skor tertinggi menonjol.

✏ Tugas Mandiri

  1. Tambahkan fitur skor tertinggi di game “Tangkap Bola”.
  2. Gunakan cloud variable jika bermain di Scratch online.
  3. Tambahkan efek visual/animasi saat rekor baru tercapai.

๐Ÿ“ฉ Prosedur Pengumpulan Tugas

๐Ÿ’ป Upload file game Scratch kamu (format .sb3) lalu sertakan link proyek online (jika ada).

๐Ÿ“ Tulis laporan singkat (deskripsi fitur + screenshot hasil).

๐Ÿ’ฌ Kumpulkan tugas dengan meninggalkan komentar di bawah postingan blog ini.

No comments:

Post a Comment