๐ Pertemuan 7 – Menyimpan Skor Tertinggi & Papan Peringkat di Scratch
๐ฏ Tujuan Pembelajaran
- Siswa memahami konsep skor tertinggi (high score).
- Siswa dapat membuat variabel untuk menyimpan skor terbaik.
- Siswa mampu menampilkan papan peringkat sederhana di game.
๐ Apa itu Skor Tertinggi?
Skor tertinggi adalah nilai terbaik yang pernah dicapai selama permainan berlangsung. Fitur ini memotivasi pemain untuk terus bermain dan meningkatkan kemampuannya.
๐ Membuat Variabel Skor Tertinggi
- Buka tab Variables.
- Klik Make a Variable → beri nama high score.
- Pilih “For all sprites”.
⚡ Menyimpan Skor Tertinggi
Tambahkan kode berikut di akhir permainan:
if <score > high score> then set [high score v] to (score) end
Pastikan variabel high score
ditampilkan di layar.
๐ Membuat Papan Peringkat Sederhana
Scratch tidak bisa menyimpan data permanen tanpa cloud variables, jadi kita bisa buat leaderboard lokal:
if <score > Top1> then set [Top3 v] to (Top2) set [Top2 v] to (Top1) set [Top1 v] to (score) else if <score > Top2> then set [Top3 v] to (Top2) set [Top2 v] to (score) else if <score > Top3> then set [Top3 v] to (score) end
☁ Cloud Variables (Online)
- Buka proyek di Scratch Online.
- Buat variabel baru → centang Cloud variable (stored on server).
- Variabel ini akan menyimpan skor secara online untuk semua pemain.

๐ก Tips Kreatif
- Gunakan efek suara saat pemain memecahkan rekor.
- Tambahkan pesan “Rekor Baru!” di layar.
- Gunakan warna mencolok agar skor tertinggi menonjol.
✏ Tugas Mandiri
- Tambahkan fitur skor tertinggi di game “Tangkap Bola”.
- Gunakan cloud variable jika bermain di Scratch online.
- Tambahkan efek visual/animasi saat rekor baru tercapai.
๐ฉ Prosedur Pengumpulan Tugas
๐ป Upload file game Scratch kamu (format .sb3
) lalu sertakan link proyek online (jika ada).
๐ Tulis laporan singkat (deskripsi fitur + screenshot hasil).
๐ฌ Kumpulkan tugas dengan meninggalkan komentar di bawah postingan blog ini.
No comments:
Post a Comment